Artikel Detail

Peran NUWSP dalam Menurunkan NRW (Non-Revenue Water) di Kabupaten Aceh Barat Daya
  2023-12-27 01:54:17    Dibaca : 341

44/A-NUWSP/Desember/2023

 

Program NUWSP merupakan bagian dari kerangka National Urban Water Supply (NUWAS), yang bertujuan untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan air minum jaringan perpipaan bagi masyarakat di daerah perkotaan. Program ini juga dirancang untuk meningkatkan kapasitas dan kinerja Pemda serta PDAM dalam memberikan pelayanan di bidang air minum. NUWSP dilaksanakan di beberapa daerah, termasuk di antaranya Kabupaten Aceh Barat Daya.

Pelayanan air minum di Kabupaten Aceh Barat Daya dilakukan oleh Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Abdya. Setelah ditetapkan melalui Qanun Kabupaten Aceh Barat Daya Nomor 3 Tahun 2022, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) ini mengalami perubahan nama dari PDAM Gunong Kila menjadi Perumdam Tirta Abdya. Sejak didirikan pada tahun 2017, perusahaan ini belum bisa melayani penyediaan air minum untuk masyarakat secara optimal.

Dalam perjalanannya, Perumdam Tirta Abdya menemui banyak kendala pada kegiatan operasionalnya, salah satunya menyangkut aset. Sebagian besar aset yang dimiliki berada dalam kondisi yang rusak sehingga memerlukan perawatan dan penggantian. Sejak dibangun hingga saat ini, aset-aset yang dimiliki belum mendapatkan pemeliharaan yang memadai. Hal ini menjadi tantangan berat bagi Perumdam Tirta Abdya untuk dapat mengoptimalkan pelayanan saat Perumdam Tirta Abdya mulai beroperasi. Terdapat banyak infrastruktur yang perlu diperbaiki ataupun diganti, baik dari unit pengolahan, transmisi, dan distribusi. Selain itu, peningkatan sumber daya manusia pun harus dilakukan secara berkelanjutan guna mendukung peningkatan kinerja serta tercapainya perbaikan layanan air minum bagi masyarakat Kabupaten Aceh Barat Daya.

Sebagai Perumdam yang baru beroperasi pelayanannya sejak tahun 2017, buruknya kondisi infrastruktur/aset menjadi kendala yang menantang karena berakibat pada tingginya tingkat kehilangan air (NRW/Non-Revenue Water). Buku kinerja BUMD Air Minum mengungkapkan bahwa nilai NRW Perumdam Tirta Abdya pada tahun 2021 mencapai mencapai 86,23% (Kementerian PUPR, 2022). Hal ini tentu saja berimbas pada kualitas pelayanan yang diberikan. Untuk itu, pemerintah melalui NUWSP menyalurkan bantuan kepada Perumdam Tirta Abdya sebesar Rp 14 miliar. Bantuan ini diharapkan dapat membantu Perumdam Tirta Abdya menurunkan angka kehilangan air yang dimilikinya. Lebih jauh lagi, bantuan NUWSP mendorong optimalisasi SPAM IKK Blangpidie, peningkatan kinerja Perumdam Tirta Abdya, serta perbaikan layanan air minum di Kabupaten Aceh Barat Daya dengan terpenuhinya aspek 4K (kualitas, kuantitas, kontinuitas, dan keterjangkauan).

Sebelum memperoleh bantuan, Perumdam Tirta Abdya melakukan penilaian kinerja secara mandiri menggunakan SAT (Self-Assessment Toolkit). Hasil SAT menunjukkan bahwa Perumdam Tirta Abdya masuk dalam kategori sakit dan Pemda Aceh Barat Daya memiliki kapasitas fiskal daerah yang rendah (kelompok 5) sehingga jenis bantuan yang didapatkan adalah Bantuan Stimulan. Bantuan tersebut digunakan untuk optimalisasi SPAM IKK Blangpidie dengan lingkup kegiatan yang berupa: (i) pengadaan dan pemasangan pipa jaringan distribusi utama (JDU), (ii) pengadaan dan pemasangan genset, (iii) pengadaan dan pemasangan magnetic flow meter, (iv) pengadaan dan pemasangan alat uji kualitas air, serta (v) pengadaan dan pemasangan pompa pembubuh bahan kimia.

Gambar 1. Kegiatan NUWSP di Kabupaten Aceh Barat Daya

Kegiatan konstruksi NUWSP di Kabupaten Aceh Barat Daya telah selesai dilaksanakan pada 22 Desember 2023. Meski dampak kegiatan NUWSP belum dapat dirasakan sepenuhnya karena baru saja selesai dibangun, infrastruktur yang terbangun diharapkan bisa mendorong penurunan tingkat kebocoran menjadi 42% pada tahun pertama, 37% pada tahun kedua, dan 32% pada tahun ketiga (Perumdam Tirta Abdya, 2022). Bila tingkat kebocoran menurun, angka kehilangan air (NRW) yang dimiliki oleh Perumdam Tirta Abdya pun akan menurun. Tak hanya itu, infrastruktur yang terbangun pun diharapkan mampu mendorong Perumdam Tirta Abdya dalam memenuhi tarif FCR (Full Cost Recovery). Perubahan-perubahan ini tentu membantu Perumdam Tirta Abdya untuk meningkatkan kinerjanya serta meningkatkan kualitas layanan air minum yang diberikan kepada masyarakat Kabupaten Aceh Barat Daya.

 

Sumber:

1. Dokumentasi NUWSP.

2. Dokumentasi Perumdam Tirta Abdya.

3. Kementerian PUPR (2022): Buku Kinerja BUMD Air Minum 2022.

4. Perumdam Tirta Abdya (2022): Studi Kelayakan Sederhana Optimalisasi SPAM Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya.

Kredit Foto:

Budhiman, Ilham (2021): 7 Cara Mengetahui Kebocoran Pipa Air Di Rumah Dengan Mudah. Bisa Kamu Cek Sendiri!, diperoleh melalui situs internet: https://berita.99.co/cara-mengetahui-kebocoran-pipa-air-di-rumah/.

 

Ditulis oleh:

Maulidul Rahman, S.T.

Risyad Mahathir, S.Ak.

Share On :

  • Direktorat Air Minum,
    Ditjen Cipta Karya,
    Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,
    Jl. Pattimura No. 20 Kebayoran Baru,
    Jakarta 12110.


  • 021-72796907

  • cpmunuwsp@gmail.com
    Visitor
  • Total:438,587
  • Bulan Ini :7,322
  • Seminggu Terakhir :3,254
  • Hari ini :14